Jumat, 14 Jan 2022, 10:26:35 WIB, 93 View , Kategori : Dosen

Ket Foto : Sosialisasi Dosen Pendidikan Biologi Unilak di Pondok Pesantren Darul Muqomah Kota Pekanbaru

FKIP Unilak - Indonesia  merupakan  negara yang  memiliki kekayaan budaya serta keragaman dalam adat istiadat. Kekayaan budaya serta keragaman adat istiadat tersebut merupakan pengetahuan luhur yang terus diwariskan dari generasi kepada generasi berikutnya. Pengetahuan yang lahir dari pengalaman generasi terdahulu dalam kaitannya dengan alam dan lingkungan dapat menjadi salah satu sumber dalam pembelajaran sains. Pembelajaran yang berbasis pada etnosains juga bermanfaat dalam mempertahankan budaya dan  kearifan  lokal agar terus lestari.

Pendekatan etnosains dapat dilakukan dengan merekonstruks sains alamiah dalam adat dan budaya yang ada pada masyarakat untuk dikembangkan menjadi sains ilmiah. Pembelajaran sains melalui pendekatan etnosains ini bertujuan dalam mempersiapkan  pola fikir siswa yang bertanggung jawab, kritis serta kreatif dalam menyelesaikan berbagai masalah  yang muncul dalam  lingkungan  masyarakat  yang  merupakan dampak dari perkembangan sains dan teknologi. Selain itu pembelajaran berbasis etnosains juga akan memudahkan peserta didik dalam mengeksplorasi fenomena maupun fakta yang  ditemukan dalam masyarakat dan lingkungannya sehingga pada akhirnya dapat diintegrasikan dengan pengetahuan ilmiah.

Agar guru mengetahui pentingnya etnosains dalam pembelajaran, serta mampu menyusun model pembelajaran berbasis etnosains, maka dosen FKIP Unilak melakukan kegiatan Pengabdian  dalam bentuk Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM)  di Pondok Pesantren Darul Muqomah Kota Pekanbaru. Kegiatan IbM yang diprakarsai oleh  Arlian Firda, M.Si dan Rikizaputra, M.Pd  ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari  2022 bertempat di Pondok Pesantren Darul Muqomah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai manfaat serta penyusunan model  pembelajaran  yang berbasis etnosains kepada seluruh guru di sekolah tersebut.

Dari Kegiatan pengabdian yang diikuti oleh seluruh guru MTs dan MA Pondok Pesantren Darul Muqomah ini, diketahui bahwa seluruh guru sangat antusias dan tekun mengikuti kegiatan sampai akhir. Ini terbukti dari keikutsertaan peserta pelatihan yang hingga kegiatan berakhir, peserta pelatihan tidak ada yang izin atau meninggalkan pelatihan. Antusiasme dari peserta ini tidak terlepas dari cara penyaji memberikan penjelasan kepada peserta pelatihan yang menyelipkan beberapa contoh aplikatif dari materi yang dijelaskan. Selain itu, penggunaan bahasa yang sederhana dalam tahap penyajian materi memudahkan peserta pelatihan memahami penjelasan yang diberikan oleh penyaji. Nuansa cara penyaji menjelaskan definisi komponen penelitian yang sulit dengan memasukkan bahasa sehari-hari ke dalam penjelasannya membuat peserta nyaman dan mudah dalam memahami materi yang disampaikan.

Selain itu secara umum, para peserta pelatihan juga menanggapi positif kegiatan pelatihan ini. Hal ini dibuktikan dari terjadinya proses interaksi aktif antara penyaji dan peserta pada saat pelaksanaan pelatihan. Ada keterlibatan mental-psikologis dalam upaya peserta untuk memahami isi sajian. Balikan kepada para peserta dalam bentuk analisis hasil yang langsung disampaikan kepada peserta pelatihan juga memberikan dampak positif kepada peserta pelatihan.

Kegiatan pengabdian ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari Kepala Sekolah MTs dan Ma Darul Muqomah yaitu Bapak Meydia Syukma, S.E.I dan Bapak Elpisman, S.Pd.I. Mereka berharap, kegiatan ini bisa dilajutkan kembali dengan memberi pelatihan berupa cara penyusunan bahan ajar berbasis etnosains, sehingga guru-guru di Ponpes Darul Muqomah dapat dengan maksimal menerapkan etnosains dalam pembelajaran.



Dekan FKIP Unilak Melantik ORMAWA se Lingkungan FKIP Unilak
Kamis, 20 Jan 2022, 11:01:39 WIB, Dibaca : 32 Kali
Dosen FKIP Unilak Sosialisasikan Aplikasi English Pronunciation ke Guru SMKN 7 Pekanbaru
Senin, 17 Jan 2022, 10:39:35 WIB, Dibaca : 19 Kali
Dosen PG PAUD FKIP Unilak Beri Pendampingan Strategi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Guru PAUD
Jumat, 14 Jan 2022, 15:05:54 WIB, Dibaca : 29 Kali

Tuliskan Komentar
Banner
Sekilas Info
TPA Unilak Golden School Menerima Pendaftaran Siswa Baru
Pendaftaran Mahasiswa Baru T.A 2020/2021 FKIP UNILAK s/d 7 Agustus 2020. Kunjungi www.pmb.unilak.ac.
Penerimaan Mahasiswa Baru T.A 2020/2021 FKIP UNILAK Telah di Buka. Kunjungi www.pmb.unilak.ac.id.
Statistik Pengunjung
Pengguna Online 1
Pengunjung Hari ini 131
Hits hari ini 372
Total Hits 193079
Total pengunjung 68254